Loading...

Resep Sedap Gatot, Si Hitam Manis Yang Kenyal


Dahulu gatot merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Gunung Kidul DI. Yogyakarta. Tapi kini kita bisa menemukan gatot sebagai jajanan pasar dengan mudah di pasar-pasar tradisional di JAwa Tengah dan Yogyakarta. 

Gatot dibuat dari singkong yang dikeringkan atau dikenal sebagai gaplek. Biasanya gaplek yang berkualitas baik yaitu yang berwarna putih akan dibuat menajdi tiwul. Sedangkan gaplek yang berwarna hitam akan dibuat menjadi gatot. Kualitas gaplek ini ditentukan oleh kualitas singkong dan kualitas pengeringan juga. 

Gaplek yang berwarna hitam ini harus di rendam dengan air kapur sirih terlebih dahul selama satu malam. Setelah itu barulah di potong-potong dadu dan di kukus. Sebelum dihidangkan, gatot yang sudah matang ini perlu didinginkan terlebih dahulu. 

Biasanya gatot akan disajikan bersama dengan parutan kelapa dan saus gula merah yang disebut dengan juruh. Gatot ini teksturnya kenyal jika dimakan. Rasanya gurih khas singkong. Rasa manis akan kita temukan dari gula merah.  



Demikianlah Artikel Resep Sedap Gatot, Si Hitam Manis Yang Kenyal

Sekian Arti Dunia Resep Sedap Gatot, Si Hitam Manis Yang Kenyal, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Arti Dunia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep Sedap Gatot, Si Hitam Manis Yang Kenyal dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepnmakanan168.blogspot.com/2017/01/resep-sedap-gatot-si-hitam-manis-yang.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Previous
Next Post »