Loading...

Resep Sedap NAsi Punel Bangil Pasuruan


Nasi punel ini bisa kita temui di Bangil, Pasuruan Jawa Timur. Punel dalam bahasa setempat berarti pulen. Yaitu nasi dengan kematangan pas, tidak kering dan tidak juga lembek. 

Untuk mendapatkan nasi yang pulen, maka rahasianya ada di cara memasaknya. Beras yang akan dimasak sebelumnya dicuci bersih dan direndam dengan air panas kurang lebih selama 15-20 menit. Setelah itu barulah nasi dimasak. 

Nasi punel ini setelah matang akan dituang di wadah yang besar dan terbuka. Sesekali nasi ini perlu diaduk agar tidak menggumpal. Setelah agak dingin barulah nasi dicetak untuk disajikan. 

Jika kita memesan nasi punel, maka nasi tersebut akan disajikan dengan piring beralas daun. Diatasnya ditaburi serundeng sebagai ciri khasnya. Sebagai lauk pauknya ada sate kerang, tahu bumbu bali, lentho (menjeng), irisan daging dan kikil. Ada juga yang khas yaitu parutan kelapa yang dibumbui manis kemudian diberi santan. 

Sayur yang ditambahkan anatara lain sayur rebung juga sayur lodeh tewel, yaitu sayur nangka muda. Jika menginginkan lauk tambahan kita bisa memilih empal daging goreng, ayam goreng, telor dadar, dendeng, paru dll.  Ada juga sambal uleg pedas yang dicampur dengan kacang panjang. 

.



Demikianlah Artikel Resep Sedap NAsi Punel Bangil Pasuruan

Sekian Arti Dunia Resep Sedap NAsi Punel Bangil Pasuruan , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Arti Dunia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep Sedap NAsi Punel Bangil Pasuruan dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepnmakanan168.blogspot.com/2017/01/resep-sedap-nasi-punel-bangil-pasuruan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Previous
Next Post »