Loading...

Resep Sedap Tiwul Digemari Sepanjang Masa


Tiwul merupakan salah satu makanan olahan dari singkong. Masyarakat Jawa  khususnya daerah Wonogiri dan sekitarnya yang memiliki tanah tandus, mereka bercocok tanam singkong dan palawija lainnya. 

Hasil panenan singkong yang melimpah kemudian dibuatlah menjadi tepung. Caranya singkong dikupas kulitnya kemudian dijemur hingga kering dan disebut dnegan. Gaplek yang memiliki kualitas bagus yaitu yang berwarna putih akan ditumbuk hingga halus dan menjadi tepung. 

Tepung gaplek ini nantinya diolah menjadi tiwul. Dulu orang masih banyak mengkonsumsi tiwul sebagai makanan pokok. Namun kini selera sudah beralih ke nasi. Sehingga tiwul pun menjadi jajanan pasar yang banyak dijual di pasar tradisional. 

Untuk mendapatkan tiwul, tepung gaplek ini di tambahkan air sedikit demi sedikit. Kemudian di aduk hingga membentuk butiran-butian kecil sebesar kacang hijau. Kukus adonan ini hingga matang. Jika menginginkan tiwul yang manis, maka pada saat mengaduk bisa ditambahkan irisan gula merah.

Kalau dulu tiwul sebagai makanan pokok dimakan dnegan ikan asin atau sambel. Maka sebagai jajan pasar, tiwul disajikan bersama parutan kelapa dan saus gula merah yang disebut juruh. Tiwul manis ini enak disantap sebagai teman minum teh atau kopi. 




Demikianlah Artikel Resep Sedap Tiwul Digemari Sepanjang Masa

Sekian Arti Dunia Resep Sedap Tiwul Digemari Sepanjang Masa , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Arti Dunia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep Sedap Tiwul Digemari Sepanjang Masa dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepnmakanan168.blogspot.com/2017/01/resep-sedap-tiwul-digemari-sepanjang.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Previous
Next Post »