Loading...

Resep Sedap Gastronomi Kenduri Ala Prancis - Good France 2016


Kalau di Indonesia ada yang namanya "Kenduri" maka di Prancis ada yang namanya "Gastronomi". 
Dalam rangka merayakan masuknya gastronomi Prancis dalam daftar Warisan Dunia UNSCO, maka Kedutaan Bsar Prancis di Indonesia bekerjasama dengan Kamar dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI) mengglar rangkaian acara Gout de France / Good France di Jakarta pada tanggal 20 -21 Maret 2016. 

Acara ini akan ditandai dengan makan malam serentak di 1.500 restoran di 5 Benua. Kalau di Indonesia akan ada 22 restoran yang ikut serta dan tersebar di Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Surabaya. Kegiatan ini juga bertepatan untuk menandai datangnya musim semi. 


Gastronomi ini adalah tradisi makan-makan yang biasa dilakukan saat peringatan penting dalam hidup. Seperti misalnya saat ulang tahun, pernikahan dll. Dalam tradisi makan bersama ini seluruh anggota keluarga dan juga teman-teman akan berkumpul mengelilingi meja. 


Di saat itulah seluruh anggota keluarga menghabiskan waktu selama berjam-jam. Ritual seni makan ini dimulai sejak merancang menu yang akan disajikan, pembelian bahan-bahan lokal dengan kualitas yang terbaik. Hingga padu padan hidangan dengan wine yang disajikan. 


Ada pakem-pakem khusus dalam ritual gastronomi ini. Acara makan akan dimulai dengan aperitif. Dilanjutkan dengan menikmati makanan pembuka. Makanan berikutnya adalah ikan atau daging yang disajikan dengan sayur-sayuran. 

Dalam sajian ini juga akan disajikan berbagai macam keju dan setiap orang bisa menikmati keju ini sesukanya. Makanan penutup akan disajikan di akhir ritual dan dilengkapi dengan menikmati wine. 

Di Jakarta akan ada 11 restoran yang menyajikan menu kuliner Prancis dengan perpaduan teknik dan bahan lokal secara serentak. Ada Restoran Lyon yang akan menyediakan hidangan klasik Prancis mulai dari tanggal 20 - 27 Maret 2016. Hidangan tersebut diantaranya House made Gravlax, Atlantic Salmon dan Roasted Angus Beef Striploin. 

Di The Edge Restoran yang berada di roof top daerah Kemang akan menyediakan menu dengan gaya bistro. Menu pembuka di sini adalah Signature dish dari Chef Martin yaitu Salad Seafood, beef stew dengan resep warisan keluarga. Ada juga sorbet dan chocolate mousse. 


Chef Zulkarnaen Dahlan mengangkat tema Voyage Cuisine Francais Infuse Avec Des Materiaux Locaux untk Colonial Cuisine & MOlecular Restoran. Yang unik di sini adalah menu Prancis dengan penggunaan teknik sains dalam produksi maupun penyajian. 

Acara lain yang diadakan dalam rangka Good France kali ini adalah Gala Dinner pada tanggal 20 MAret 2016 di Hotel Raffles Jakarta. Di sini para tamu khusus bisa menikmati menu spesial dari Chef Alain  Passard. Di sini juga akan diadakan peragaan busana serta acara hiburan Prancis-Indonesia dan penjualan karya seni. Hasil dari penjualan ini nantinya akan didonasikan kepada Asosiasi Pour les Enfants de la Rue. 

Sedangkan pada tanggal 21 Maret bertempat di Auditorium IFI Thamrin akan diputar film pendek dokumenter yang berjudul Le repas gastronomique des Francais. Film ini tentang tradisi gastronomi Prancis sebagai warisan budaya non materiil. Film ini dibuat Mission Francaise du Patrimoine et des Cultures Alimetaires (MFPCA). Film ini juga yang telah berhasil membuat tradisi gastronomi Prancis diakui sebagai warisan budaya dunia UNESCO. 

Pada saat inilah Chef Alain Passard hadir dan bertemu dengan siswa SMK jurusan Tata Boga dan udangan lainnya untuk bercerita sekaligus merayakan keunggulan dan kreativitas gastronomi Prancis. 



Demikianlah Artikel Resep Sedap Gastronomi Kenduri Ala Prancis - Good France 2016

Sekian Arti Dunia Resep Sedap Gastronomi Kenduri Ala Prancis - Good France 2016, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Arti Dunia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep Sedap Gastronomi Kenduri Ala Prancis - Good France 2016 dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepnmakanan168.blogspot.com/2017/03/resep-sedap-gastronomi-kenduri-ala.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Previous
Next Post »