Loading...

Resep Sedap Tumis Bunga Pepaya


Siapa yang gak kenal dengan pepaya. Buah yang satu ini memang jadi salah satu primadona buah-buahan tropis. Di Indonesia sendiri pohon pepaya tersebar hampir di semua tempat. Jenis nya juga beragam. Nah sebelum berbuah, pohon pepaya ini tentu saja mengeluarkan bunga bukan? 


Tidak semua bunga akan menjadi buah. Sebagian akan menjadi bunga yang gagal. Nah bunga gagal inilah yang sering dimanfaatkan menjadi sayur. Tapi ada juga lho pohon pepaya yang memiliki bunga yang sangat banyak dan buah yang dihasilkan sangat sedikit malahan. 

Pertama kali merasakan sayur dari bunga pepaya ini adalah sewaktu aku masih kecil. Dulu eyangku sering masak sayur bunga  pepaya. Kami menyebutnya "oseng-oseng bunga pepaya". Selain bunga pepaya, oseng-oseng yang sering dimasak eyangku adalah "oseng-oseng daun pepaya" 

Baik bunga maupun daun pepaya ini rasanya memang pahit. Nah untuk menyiasati rasa pahit ini setelah bunga dicuci bersih kemudian di beri garam dan diremas-remas hingga layu. Setelah itu dicuci kembali. Bunga pepaya yang sudah bersih ini pun siap di masak. 

Tapi karena aku tidak tahu apa bumbu oseng-oseng ala eyangku itu, jadilah aku mengolah bunga pepaya menjadi tumis. JAdi namanya "Tumis bunga pepaya". Ini adalah resep tumis bunga pepaya ala diriku: 

Bahan 

  • Bunga pepaya yang sudah bersih 
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabe
  • Tomat 
  • Garam
  • Gula 
  • Minyak untuk menumis
  • Sedikit air 
Cara membuat: 
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat 
  2. Panaskan minyak dan tumis bumbu hingga harum
  3. Tambahkan gula dan garam agar gurih juga kecap manis 
  4. Masukkan bunga pepaya dan tumis bersama bumbu 
  5. Tambahkan sedikit air dan aduk-aduk.
  6. Biarkan hingga bumbu meresap dan air habis. 
  7. Angkat dan sajikan. 



Demikianlah Artikel Resep Sedap Tumis Bunga Pepaya

Sekian Arti Dunia Resep Sedap Tumis Bunga Pepaya , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Arti Dunia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep Sedap Tumis Bunga Pepaya dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepnmakanan168.blogspot.com/2017/03/resep-sedap-tumis-bunga-pepaya.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Previous
Next Post »