Loading...

Resep Sedap Singgah Makan Di Tepi Danau Jakarta


Kedamaian susana pedesaan memang bisa menghilangkan kepenatan sebagian besar orang-orang Jakarta. Gemericik air serta desir angin akan menjadikan jiwa siapapun yang menikmatinya terasa damai dan nyaman. Apalagi ditambah dengan alunan musik tradisional. Lengkap sudah kenikmatan jiwa yang dirasakan. Suasana makan di dalam saung di tepi danau bisa dirasakan di restoran Sunda terbesar di Jakarta yaitu Talaga Sampireun. 

Restoran ini ada di dua tempat di Jakarta yang menempati luas lebih dari 1,2 ha. Satu restoran di Bintaro sudah lebih dulu berdiri sejak tahun 2010. Kesuksesan Talaga Sampireun di Bintaro diikuti dengan berdirinya Talaga Sampireun di kawasan Taman Impian Jaya Ancol tepatnya di depan Dufan.

Restoran ini buka sejak pukul 11 pagi pada hari kerja sedangkan di akhir pekan sudah mulai buka sejak pukul 10 pagi. Talaga Sampireun akan tutup pada jam 11 malam. Sayangnya reservasi tempat hanya bisa dilakukan pada hari kerja saja, sementara pada hari libur dan akhir pekan kita harus datang langsung tanpa bisa memesan tempat terlebih dahulu. 

Kenikmatan sebelum dan sesudah makan 

Talaga Sampireun adalah bahasa Sunda yang berarti tempat singgah di tepi danau. Hal ini sangat cocok dengan konsep restoran yang diusung yaitu adanya telaga buatan dan saung-saung yang ada di sekelilingnya. Suasana pedesaan dengan rimbunnya pepohonan pun dihadirkan. Begitu juga adanya live music tradisional Sunda serta akustik secara bergantian setiap akhir pekan membuat suasana damai di pedesaan sangat terasa. 

Ada sekitar 23 saung besar dan kecil di Talaga Sampireun Ancol. Saung-saung yang ada mempunyai keunikan tersendiri yaitu dibuat dengan arsitektur leg down di tengah danau. Sehingga sambil menunggu pesanan makanan datang, kita bisa menikmati ikan-ikan yang berlarian di danau bahkan memberi makan ikan. 

Restoran Talaga Sampireun cocok untuk keluarga. Jadi jangan khawatir jika mengajak anak kecil, mereka tidak akan merasa bosan karena di sini juga ada play ground. Selain itu pihak restoran juga menyediakan kursi-kursi khusus untuk balita dengan jumlah yang tidak sedikit. 

Yang khas dari Sunda 

Walaupun di sini adalah restoran Sunda dengan aneka menu khas Sunda, namun soal rasa sudah disesuaikan cocok dinikmati oleh banyak orang. Rasa pedas yang dihadirkan dalam hidangan di sini dikombinasi dengan rasa manis atau asam sehingga menghadirkan sensasi rasa tersendiri. 

Ada nasi liwet yang dihidangkan dalam panci yang digunakan untuk meliwet. Nasi liwet ini dimasak dengan santan dan ditambah rempah-rempah seperti salam, laos serta sereh. Di atas nasi liwet ini juga ditaburi dengan teri medan sehingga rasa gurih dan asin yang sedang sangat pas dinikmati. Untuk satu panci nasi liwet ini bisa dinikmati dengan harga Rp 45.000 

Sajian khas lainnya adalah Patin bakar bambu seharga Rp 99.000/ bambu. Ikan patin yang akan diolah dipilih dari ikan segar. Perendaman bumbu dan rempah-rempah dilakukan selama 2 jama. Baru kemudian dibakar diatas bara arang dengan panas sedang selama 4 jam. Hidangan istimewa ini menghasilkan patin yang tidak bau amis dan kaya bumbu rempah dengan rasa dominan adalah pedas, asam dan manis yang seimbang. 

Gurame terbang juga diolah dari ikan segar dengan berat sekitar 700 gram/ekor. Dengan teknik deep frying maka ikan gurame ini terasa renyah. Rasa gurih dari bumbu juga meresap ke dalam dengan sempurna. Ini karena sebelumnya ikan gurame ini telah direndam dalam bumbu selama 2 jam agar bumbu meresap merata hingga ke dalam daging ikan. Harga gurame terbang yang sudah matang bersama sambel kecap satu ekornya adalah Rp 79.000. 

Jika di setiap restoran Sunda ada sayur asam, maka yang istimewa di Talaga Sampireun adalah Sop Iga Garang Asam. Iga yang lembut dihidangkan bersama kuah panas di dalam porselen yang dibawahnya disertakan anglo ini seharga Rp 69.000. Keberadaan anglo dengan arang ini untuk menjaga agar sayur tetap hangat. Rasa asam yang ada di sini berasal dari nanas muda dan blimbing wuluh. 



Selain itu juga masih ada buntil, karedok juga tumis bunga papaya yang harga perporsinya rata-rata Rp 27.000. Yang istimewa lagi di sini ada 7 jenis sambal yang disajikan sebagai pelengkap hidangan. Ketujuh sambal itu adalah sambal trasi, sambal oncom, sambal dadaq atau sambal mentah, sambal ijo, sambal cobek atau sambal bajak, sambal gledeg yang super pedas, dan terakhir adalah sambal mangga yang asam dan pedas. Harga per cobek kecil sambal adalah Rp 7.000. 

Sea food modifikasi 

Bagi penyuka makanan laut, Talaga Sampireun juga mempunyai menu istimewa yang khas. Ada bandeng bakar cabut duri sehingga kita bisa langsung menyantap bandeng ini dengan mudah bahkan hampir tak tersisa. Bandeng bakar ini didominasi oleh rasa pedas manis. Harga satu porsi bandeng bakar cabut duri ini adalah Rp 69.000. 

JIka tidak suka dengan ikan patin, maka di sini bisa memilih untuk memesan baronang bakar daun seharga Rp 79.000. Baronang ini memang dibumbui dengan rasa pedas yang dominan, namun untuk mengimbangi rasa pedas ini oleh chef yang mengolahnya telah ditambahkan gula merah dengan ukuran yang pas. 

Hidangan kepiting disajikan dalam berbagai pilihan olahan dengan harga antara Rp 59.000 hingga Rp 128.000. Seperti kepiting saus pedas dan kepiting bakar daun. Begitu juga dengan cumi yang dihidangkan dengan cara dibakar terlebih dahulu dengan bumbu yang menggugah selera. 

Salah satu menu favorit di restoran ini adalah udang bakar madu seharga Rp 85.000/porsi. Ada juga udang telur asin yang harganya lebih murah yaitu Rp 65.000/porsi. UDang ini digoreng bersama kuning telur asin sehingga rasanya renyah dan gurih. Udang yang digunakan adalah udang pane dengan berat 40 ekor/ kg. Dalam satu porsi udang telur asin berisi 12 ekor 

Minuman segar dan snack tradisional 

Sebagai penutup kita bisa memesan minuman segar dengan kisaran harga antara Rp 9.000 hingga Rp 29.000. Seperti air kelapa muda yang disajikan bersama kelapa utuh. Ada juga es kelapa sirsak juga es kelapa jeruk yang tidak kalah nikmat. Jika ingin minuman yang bisa menetralkan kolestreol maka honey lemon bisa menjadi pilihan. Minuman ini merupakan campuran air putih, irisan lemon, madu serta ditambah daun kemangi untuk menambah kesegaran di dalamnya. 

Jika ingin berlama-lama di sini kita bisa memesan camilan berupa snack tradisional Sunda. Ketan bakar dengan taburan serundeng kelapa bisa jadi pilihan. Atau bisa juga camilan Sunda lain yang tidak kalah terkenalnya yaitu tape bakar. Jika ingin menikmati snack tradisional jawa di sini juga tersedia Srabi Solo yang manis dan gurih. Harga snack di sini juga cukup terjangkau yaitu Rp 29.000 untuk per porsinya. 

Bijak makan di resto keluarga 

Makanan yang disediakan di Talaga Sampireun ini porsinya memang cocok untuk dimakan beramai-ramai sekitar 4 orang. Oleh karena itu berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan ketika makan di restoran bersama keluarga atau teman-teman. 
1. Pilih menu paket yang bisa dinikmati sekitar 4 orang sehingga harganya lebih hemat. 
2. Setiap hidangan porsinya besar dan bisa dinikmati oleh sekitar 4 orang, sehingga lebih baik kita memesan hidangan yang sesuai dengan selera bersama. 
3. Jika makanan yang tersisa masih banyak jangan malu untuk meminta pelayan membungkus makanan yang lebih itu untuk dibawa pulang. Dari pada mubazir kan kalau akhirnya nanti dibuang oleh pihak restoran. 
4. Pada akhir pekan restoran biasanya ramai jadi sebaiknya datang lebih pagi sebelum jam makan siang supaya bisa mendapatkan tempat yang nyaman di tepi danau. 
5. Di Talaga Sampireun harga saung dengan AC atau yang tidak berbeda. 
6. Harga makanan di Talaga Sampireun ini pada hari biasa lebih murah dibanding hari libur atau akhir pekan. 

Talaga Sampireun 
*Blok B7/N1 Boulevard Bintaro Jaya Kawasan Niaga Sektor 7 Telp (021) 7453999 
*Jl. Lapangan Golf 7 Ancol Telp (021) 64700400



Demikianlah Artikel Resep Sedap Singgah Makan Di Tepi Danau Jakarta

Sekian Arti Dunia Resep Sedap Singgah Makan Di Tepi Danau Jakarta, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Arti Dunia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep Sedap Singgah Makan Di Tepi Danau Jakarta dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepnmakanan168.blogspot.com/2017/01/resep-sedap-singgah-makan-di-tepi-danau.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Previous
Next Post »