Loading...

Resep Sedap Nasi Panggang Ala Vegetarian


Anakku itu vegetarian, tapi aku tidak. Jadi mau gak mau kalau di rumah aku selalu masak non ayam dan daging. Telur dan susu juga ikan masih bisa jadi pilihan bahan masakan. Sebenarnya kalau masak di rumah juga gak banyak-banyak amat, soalnya cuma ada 4 orang dewasa di rumahku. Dua anakku sudah besar, jadi sebagian besar waktunya dihabiskan di luar rumah.

Aku hanya masak di pagi hari untuk bekal sarapan dan makan siang di sekolah mereka dan sore hari ketika mereka pulang sekolah untuk makan malam. Jadilah walaupun ada masakan yang tersisa paling porsinya cuma sedikit. Tapi aku memang orang yang anti sama yang namanya membuang makanan. Kalau masih ada yang tersisa, aku pindahkan ke wadah-wadah kecil dan aku masukkan lagi ke kulkas. Kadang jadilah masakan beku yang aku simpan di freezer. Nanti kalau mau makan baru aku panasi lagi di magic com, dan disajikan di meja makan sebagai lauk hangat.

Untuk nasi yang tersisa, biasanya kalau malam menjelang tidur aku mencabut kabel magic com. Ini untuk menghindari nasi menjadi kering keesokan harinya. Kebetulan aku memakai magic com merek philips, jadi anti lengket dan bisa menghemat beras karena gak pernah ada cerita nasi kering ataupun kuning. Nanti kalau mau masak lagi, nasi yang tinggal sedikit biasanya aku pindahkan dalam wadah plastik yang ada tutupnya. Setelah nasi barunya matang, nasi sisa itu aku masukkan sekaligus wadahnya ke dalam magic com juga.

Pagi ini ketika membuka kulkas, ada sedikit tumis sawi dan jagung muda, juga sedikit teri kacang balado dan telur dadar juga satu buah perkedel kentang sisa masakan tadi malam. Di rak bawah kebetulan masih ada sedikit daun pisang sisa aku masak pepes tahu kemaren. Nasi juga masih tersisa sedikit. JAdilah pagi ini aku punya ide untuk bikin nasi bakar untuk sarapan. Tapi karena males bakar-bakar karen harus ditunggui, jadilah aku masak dengan cara dipanggang saja supaya bisa ditinggal-tinggal mengerjakan kerjaan yang lain.




Bahan nasi panggang yang tersisa dari masakan tadi malam antara lain :

  1. tumis sawi jagung muda
  2. teri kacang balado
  3. telur dadar
  4. nasi 
  5. perkedel kentang. 
  6. Daun pisang untuk membungkus. 

Cara membuat : 
1. Karena daun pisang yang tersisa hanya potongan kecil dan sudah banyak yang robek di sana -sini, jadilah aku menyusunnya jadi dua lapisan. 


2. Aku mengalasi bagian bawah dengan telur dadar karena biasanya kalau nasi berada di bawah suka kering. 

3. Tambahkan nasi di atas telur dadar.


4. Atur tumis sawi jagung muda di atas nasi hingga merata.


5. Tambahkan teri kacang balado di atas tumis sawi.

6. Terakhir letakkan perkedel kentang di lapisan paling atas. 


7. Tangkupkan daun pisang dan sematkan lidi di kedua sisinya. 


8. Letakkan nasi dalam loyang dan panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat selama lebih kurang 15 menit. 

9. Angkat dari atas loyang dan sajikan. 


10. Kebetulan di toples masih ada rempeyek rebon. Jadilah sarapan pagi ini sangat istimewa dengan nasi panggang dan rempeyek rebon. 


Event ini diadakan oleh Indonesian Foodblogger



Demikianlah Artikel Resep Sedap Nasi Panggang Ala Vegetarian

Sekian Arti Dunia Resep Sedap Nasi Panggang Ala Vegetarian , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Arti Dunia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep Sedap Nasi Panggang Ala Vegetarian dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepnmakanan168.blogspot.com/2017/03/resep-sedap-nasi-panggang-ala-vegetarian.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Previous
Next Post »